Pertumbuhan Bibit Acacia crassicarpa dengan Pemberian Bokashi dari Beberapa Bahan Utama

Ali Martinus

Abstract


Penyediaan hara bagi tanaman di HTI (Hutan tanaman Industri) khususnya pada saat pembibitan, dapat dilakukan dengan penambahan pupuk baik organik maupun anorganik. Pupuk anorganik dapat menyediakan hara dengan cepat. Namun apabila hal ini dilakukan terus menerus akan menimbulkan kerusakan tanah.

Sedangkan pupuk organik meskipun menyediakan hara secara perlahan dapat turut memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah.  Salah satu bentuk pupuk organik yang ada yaitu bokashi., Bokashi adalah pupuk kompos yang dihasilkan dari proses fermentasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa bahan utama pembuat bokashi sebagai media pembibitan terhdap pertumbuhan bibit A.crassicarpa. Trial ini menggunakan design Rancangan Acak Lengkap  (RAL), dengan 4 ulangan dan 7 perlakuan. Perlakuan yang diberikan antara lain: (A) : NPK,  (B) : Kumpai,  (C) : Desmodium, (D) : Kiambang, (E) : A. Crassicarpa ,(F) : A. Mangium ,(G) : E. Pellita.  Hasil percobaan menunjukkan bahwa bakashi dari bahan utama kiambang memberikan efek lebih baik terhadap pertumbuhan A. crassicarpa di pembibitan dibandingkan kumpai, desmodium,  serasah daun A.mangium, A. crassicarpa , E. pellita dan kontrol (NPK).

Kata kunci : Bokashi , Pembibitan, Pertumbuhan


Keywords


bokashi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2302-3015

Lisensi Creative Commons

JLSO: LAHAN SUBOPTIMAL © 2012-2018 Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Suboptimal (PUR-PLSO) Universitas Sriwijaya,Gedung Graha Pertanian, Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya,Jl.Padang Selasa No.524,Bukit Besar,Palembang 30139,Telpon/Faksimil: +62711352879 is licensed under a License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International