Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Lahan Suboptimal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL LAHAN SUBOPTIMAL

Journal of Suboptimal Lands


Jurnal Lahan Suboptimal  merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan/atau ulasan (literature review) 5 (lima) tahun terakhir tentang lahan suboptimal (lahan rawa, pasang surut, kering, kering masam, salin, dan di bawah tegakan) yang dimanfaatkan dan dikelola untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan, serta pelestarian lingkungan.

Jurnal Lahan Suboptimal  diterbitkan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.  Naskah yang diterima adalah naskah yang belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses publikasi pada berkala ilmiah nasional maupun internasional lainnya.  Setiap naskah yang masuk dalam Jurnal Lahan Suboptimal akan ditelaah oleh Dewan Editor dan sekurang-kurangnya dua orang mitra bebestari (peer-reviewer) yang identitasnya akan dirahasiakan. Dewan Editor berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra bebestari (peer reviewer).

Pengiriman Naskah

Naskah dianjurkan untuk didaftarkan secara online. Terlebih dahulu penulis diharuskan mendaftarkan diri sebagai user pada jurnal ini. Naskah selanjutnya dimuat (upload) secara online sesuai perintah yang tertera pada laman tersebut.

Naskah juga dapat dikirimkan kepada Ketua Editor Jurnal Lahan Suboptimal melalui surat elektronik (surel, e-mail) ke alamat:    jlsuboptimal@unsri.ac.id.


Sekretariat Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Suboptimal (PUR-PLSO), Universitas Sriwijay

Program Pascasarjana, Universitas Sriwijaya

Jl. Padang Selasa No.524, Bukit Besar, Palembang 30139, Telpon/Faksimili: +62711352879

E-mail:  jlsuboptimal@unsri.ac.id

http://www.jlsuboptimal.unsri.ac.id

Keputusan penerbitan setiap naskah ditetapkan oleh Dewan Editor Jurnal Lahan Suboptimal berdasarkan hasil penelaahan oleh mitra bebestari.

Jenis Artikel

Format Naskah

  • Naskah diketik dengan tipe huruf Times New Roman font 12, spasi ganda di kertas berukuran A4, satu kolom, dan dicetak satu muka pada kertas ukuran A4. Batas tepi pada semua sisi masing-masing 3 cm.
  • Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan atas.
  • Menggunakan nomor baris. Pada Microsoft Word program, untuk menyertakan nomor baris: pilih Layout menu di Page Setup. Klik Line Numbers, centang Add line numbering dan pilih Continuous.
  • Gambar dan tabel harus jelas serta ditempatkan pada bagian akhir naskah setelah daftar pustaka.
  • Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan tipe huruf Times New Roman font 10.
  • Artikel yang pernah disajikan dalam pertemuan ilmiah, tetapi belum pernah diterbitkan dalam bentuk prosiding, perlu disertai keterangan mengenai pertemuan ilmiah tersebut sebagai catatan kaki.
  • Naskah artikel hasil penelitian memiliki struktur  terdiri dari Judul, Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka (lihat Format Naskah dalam rincian).  Naskah berkisar 14-16 halaman ketikan spasi ganda (termasuk gambar dan tabel).
  • Naskah ulasan ditulis mengikuti format khusus tanpa pembagian menjadi Bahan dan Metode, Hasil, dan Pembahasan.  Struktur  ulasan terdiri dari Judul, Abstrak, Pendahuluan, Topik-topik yang Dibahas, Kesimpulan dan Daftar Pustaka. Panjang naskah berkisar 12-14 halaman ketikan spasi ganda (termasuk gambar dan tabel).

Struktur Tulisan

  1. Judul
  2. Nama penulis (nama lengkap tanpa gelar)
  3. Alamat penulis (ditulis lengkap)
  4. Data penulis korespondensi: telpon, faksimili, dan e-mail
  5. Abstrak (abstrak berbahasa Inggris dan Indonesia)
  6. Kata Kunci (Keywords)
  7. Pendahuluan
  8. Bahan dan Metode
  9. Hasil
  10. Pembahasan
  11. Kesimpulan
  12. Ucapan Terima Kasih
  13. Daftar Pustaka
  14. Gambar dan judulnya
  15. Tabel dan judulnya

Uraian Struktur Penulisan Naskah

Judul. Judul singkat dan jelas (≤ 14 kata), diketik dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang digunakan.  Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

Data penulis. Nama lengkap semua penulis dan alamat semua penulis (lengkap dengan nama lembaga, kota, dan kode pos). Penulis korespondensi diberi tanda* dan dilengkapi dengan alamat surat lengkap, nomor telepon dan faksimil, dan alamat surat elektronik (surel, email) sebagai catatan kaki.

Abstrak. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata yang dituangkan dalam satu paragraf yang mengandung ringkasan dari (a) latar belakang masalah dan tujuan penelitian, (b) metodologi, (c) hasil atau dampak (ulasan), dan (d) kesimpulan.

Kata Kunci (Key Words). Kata kunci terdiri atas 3-5 kata atau gugus kata dan disusun berurutan menurut abjad dan diketik di bagian bawah abstrak.

Pendahuluan. Bagian pendahuluan berisi latar belakang disertai pengacuan pada pustaka-pustaka primer penting terkait dan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian.

Bahan dan Metode. Spesifikasi dan sumber bahan-bahan yang digunakan dituliskan dengan jelas. Spesifikasi alat yang digunakan dituliskan dengan jelas. Metode yang digunakan, termasuk cara penggunaan alat, dituliskan secara terperinci bila belum pernah diterbitkan.  Metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya.  Metode yang dimodifikasi dijelaskan modifikasinya disertai pustaka  sebelumnya.

Hasil. Hasil Penelitian ditulis secara terpisah dari pembahasan. Pemaparan hasil harus jelas dan akurat, tidak disertai pustaka atau pembahasan, dan tidak mengulang cara kerja yang sudah dijelaskan di bagian bahan dan metode.  Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar (grafik) sekaligus, harus dipilih salah satu.  Format tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan).  Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (di bawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya di dalam teks dan diawali dengan huruf  besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku.  Contoh tabel dan gambar dapat dilihat pada Jurnal Lahan Suboptimal volume terakhir.

Pembahasan. Hasil-hasil penting dibahas dan diinterpretasi data yang ditemukan.  Persamaan, perbedaan, dan keunikan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi terkini dari penelitian yang sebelumnya. Jika ada temua baru, hendaknya tegas dikemukakan dalam pembahasan. Pada bagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.

Kesimpulan. Penarikan kesimpulan didasari hasil yang diperoleh, dengan memerhatikan perumusan masalah dan tujuan penelitian.

Ucapan terima kasih. Ucapan ini disampaikan kepada penyandang dana dan pihak-pihak (lembaga maupun perorangan) yang berjasa dalam pelaksanaan penelitian atau penulisan naskah artikel.

Daftar pustaka. Daftar pustaka terdiri dari daftar referensi materi yang diterbitkan atau diterima untuk dipublikasi, disarankan minimal 90% pustaka primer (artikel jurnal), setidaknya ada beberapa pustaka terbitan 3 tahun terakhir. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama akhir yang diikuti singkatan nama pertama dan nama tengah tanpa dipisahkan tanda koma atau titik.

Contoh penulisan pustaka

Artikel Berkala/Jurnal Ilmiah

Herlinda S, Irsan C, Mayasari R, Septariani S. 2010.  Identification and selection of entomopathogenic fungi as biocontrol agents for Aphis gossypii from South Sumatra.  Microbiology Indonesia 4(3):137-142.

Artikel Dokumen Paten

Herlinda S, Pujiastuti Y, Suwandi. Metode pembuatan bioinsektisida berbahan aktif Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. yang virulen dan stabil. Indonesia Paten ID P0024976. 28 Januari 2010.

Buku

Fachrul MF.  2007.  Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bab dalam Buku

Thiery  I, Frachon E.  1997.  Identification, isolation, culture and preservation of entomopathogenic fungi.   In Lacey L (ed.), Manual of  Techniques in Insect Pathology. San Diego: Academic Press. p. 247-270.

Artikel dalam Prosiding

Untung K, Sudomo M.  1999.  Pengelolaan serangga secara berkelanjutan.  Di dalam: Hidayat S et al. (eds), Pengelolaan Serangga Secara Berkelanjutan.  Prosiding Kongres Perhim-punan Entomologi Indonesia V dan Simposium Entomologi; Bandung, 24-26 Juni 1997.  Bandung: PEI.  p 36-46.

Skripsi/Tesis/Disertasi

Septariani S.  2010.  Eksplorasi, Identifikasi dan Seleksi jamur Entomopatogen Musuh Alami Lipaphis erysimi (Kalt.) (Homoptera: Aphididae) di Daerah Sumatera Selatan [Tesis].  Palembang: Universitas Sriwijaya.

Artikel dari Internet

Mahr S. 2003. Know your friends: the entomopathogens Beauveria bassiana.   http://www.entomology.wisc.edu/mbcn/kyf411html. [diakses 21 Januari 2012].

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah atau tidak dalam proses dipublikasi jurnal lain.

     

  2. Naskah diketik dengan tipe huruf Times New Roman font 12, spasi ganda (kecuali untuk tabel dengan font 10), berukuran A4, satu kolom, batas tepi masing-masing 3 cm, menggunakan nomor baris, tabel dan gambar ditempatkan pada bagian akhir naskah.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Tidak ada biaya untuk mensubmit ke jurnal Lahan Suboptimal

Article Publication: 0.00 (IDR)
Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Anda tidak akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel.